KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN

HARKAMAN

Kembali Kepada al-Qur’an

Oleh: Harkaman

            “Telah aku tinggalkan dua perkara dan bila kalian berpegang teguh kepadanya, maka kalian tidak akan pernah tersesat, yaitu al-Qur’an dan al-Hadits”. (HR. Muslim)

            Sudah lama al-Qur’an tidak diletakkan pada posisi yag sebenarnya, umat Islam melupakan petunjuk sekaligus mukjizat yang tidak terikat dengan waktu. Berbagai macam urusan penting tidak lagi berasaskan dilakukan al-Qur’an, Seperti urusan kenegaraan, politik, ekonomi dan berbagai macam urusan besar lainnya. Pengimanan terhadap kitab suci ini hanyalah sebua formalitas yang harus dipenuhi oleh seorang umat yang beragama Islam.

            Terlihat cela di tengah-tengah umat, pedoman sendiri diabaikan. Akibatnya umat begitu mudahnya diadu domba di antara mereka sendiri. Mereka tidak sadar ada suatu hal yang terlupakan. Ketika ada sebuah keganjalan yang muncul, maka masalah itu seharusnya dikembalikan kepada al-Qur’an. Tidak memperlihatkan keegoisan masing-masing dan menunjukkan subjektivitas atas kebenaran al-Qur’an. Al-Qur’an bukanlah milik satu aliran, akan tetapi milik semua manusia, karena sebagai petunjuk…

Lihat pos aslinya 536 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s