Informasi Tes Toefl

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL adalah standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulis yang meliputi tiga aspek: listening, writing, dan reading. Sistem penilaian TOEFL menggunakan konversi dari setiap jawaban yang benar. Nilai TOEFL tertinggi yang bisa dicapai seseorang adalah 675. Namun berdasarkan pengalaman saya, kisaran nilai tes TOEFL adalah antara 300-600.

Berikut adalah Materi toefl:

Listening Comprehension
listening comprehension merupakan bagian pertama dari materi tes TOEFL. Bagian ini terdiri dari 50 pertanyaan yang dalam lembar jawabannya hanya tersedia pilihan jawaban untuk masing-masing pertanyaan. Bagian listening ini terdiri dari mendengarkan 3 jenis percakapan yaitu: Percakapan pendek, percakapan panjang, dan cerita panjang.

a. Percakapan pendek: biasanya terdiri dari 2 baris dan dialog antara 2 pembicara. Terdapat 30 pertanyaan dengan 30 jawaban untuk jenis soal percakapan ini.

b. Percakapan panjang: terdiri dari beberapa percakapan antar 2 orang yang akan dipergunakan untuk menjawab pertanyaan. Jumlah pertanyaan untuk setiap percakapan kurang lebih 4 pertanyaan.
Tips penting: Jika punya waktu, lihat jawaban-jawaban yang tersedia sebelum percakapan dimulai.

c. Cerita panjang: Pada bagian ini, Anda akan mendengarkan seseorang bercerita tentang beberapa permasalahan baik itu di kampus atau kehidupan sehari-hari.

Struktur dan Written Expression
Jenis pertanyaan struktur merupakan pertanyaan dengan pilihan berganda dimana diperlukan pengetahuan tentang grammar. Dengan Grammar anda pasti berpikir ini sulit untuk dipahami tapi tenang saja dengan mengikuti tips dibawah ini, Anda akan mudah mengerjakan soal-soal tersebut. Beberapa tipsnya:
1. Pelajari kalimatnya: Untuk menganalisa jenis jawaban apa yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat.

2.Pelajari setiap jawaban dalam melengkapi kalimat: Buang jawaban yang menurut anda tidak benar dalam melengkapi kalimat.

3. Jika menganalisa jawaban, jangan membuang jawaban yang salah tanpa mencocokkan dengan kalimat: Jawaban yang salah secara umum dapat merupakan kalimat yang benar bila berdiri sendiri. Jawaban yang salah secara umum akan salah bila dipergunakan dalam melengkapi suatu kalimat.
Written expression merupakan soal yang membutuhkan pengetahuan anda terhadap kalimat yang terdapat dalam soal. Prosedur umum mengerjakan pertanyaan bentuk written expression adalah dengan melihat kata yang digaris bawahi (memilih secara langsung yang menurut kita kata tersebut salah), Jika tidak dapat memilih, maka bacalah secara komplit kalimat dalam soal.

Reading
Reading merupakan suatu kumpulan cerita yang mempunyai tema. Sesi ini biasanya terdiri dari 50 pertanyaan dengan waktu menjawab 55 menit.
Strategi umum dalam mengerjakan soal membaca.
1. Jangan terlalu lama membaca soal
Kita sebenarnya tidak harus terlalu mengerti jalan cerita soal tersebut untuk bisa menjawab pertanyaan tes TOEFL.

2. Jangan panik bila tidak mengetahui topik dari cerita
Seluruh informasi untuk menjawab telah tersedia dalam cerita tersebut. Tidak dibutuhkan latar belakang pengetahuan untuk menjawab setiap cerita.

3. Jangan menggunakan waktu lama dalam menganalisa jawaban. Jika tidak yakin…tebaklah… atau kembali ke pertanyaan setelah seluruh pertanyaan selesai.

Informasi seputar biaya tes TOEFL:

ITP-TOEFL itu adalah TOEFL dengan sistem PBT (paper based) yang dikeluarkan oleh ETS, New Jersey. Jika anda mengikuti ITP TOEFL maka harga biaya tes TOEFL ITP tersebut adalah: US$ 27.50 atau sekitar Rp. 280.000.

Lokasi test bisa dilaksanakan di ILC. Tapi syaratnya, peserta test harus ada minimal 10 orang, dan pendaftaran harus 3 minggu sebelum test. Kalau belum 10 orang peserta, test bisa mundur.

Jika test TOEFL yang anda maksud bukan ITP-TOEFL yang dikeluarkan BUKAN oleh ETS, New Jersey (dari institusi lain), harganya bisa bervariatif tergantung institusi yang mengadakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s